Home Nasional Opini dan Kritik Pengamat: Demi Naikkan Elektabilitas, Golkar Harus Rebranding Isu

Pengamat: Demi Naikkan Elektabilitas, Golkar Harus Rebranding Isu

110
0
SHARE
PLT Ketua Umum Golkar Idrus Marham (ketiga kanan) bersama Ketua Harian Nurdin Halid (kedua kiri) dan pimpinan DPP lainya saat memimpin jalanya rapat pleno partai Golkar di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (13/12). . AKURAT.CO/Sopian

AKURAT.CO, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyarankan, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto segera melakukan rebranding dengan menjual isu anti korupsi.

Menurutnya, hal itu ini perlu dilakukan sebab belakangan ini Golkar jarang menyuarakan isu anti korupsi. Malah, kasus korupsi justru menjerat Setya Novanto mantan Ketum Golkar yang terlibat kasus korupsi megaproyek e-KTP.

“Isu anti korupsi harus jadi jualan utama. Selama ini Golkar jarang jualan isu anti-korupsi, bahkan Golkar enggak pernah masuk ke isu-isu anti korupsi. Jadi jangan sampai ekspektasi publik ketika melihat Golkar yang korupsi merupakan hal yang biasa,” kata Burhanuddin dalam diskusi publik di Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12).

Meski demikian, Dosen Universitas Indonesia ini mengingatkan, jika isu anti korupsi yang dijual Golkar maka akan sulit dilakukan karena sama saja dengan melawan dirinya sendiri.

“Kalau Golkar mau masuk ke isu tersebut, tak mudah, karena sebenarnya itu melawan dirinya sendiri. Karena banyak kader-kadernya yang tersangkut kasus korupsi. Ini akan menjadi ujian pertama Golkar nanti di Rapimnas dan Munaslub,” katanya.

Terlebih kata dia, satu tahun terakhir elektabilitas Golkar turun. “Mau tidak mau, Golkar harus melakukan rebrand dengan menjadikan isu anti korupsi sebagai jualan,” ujarnya.

Bahkan lanjut dia, isu itu telah sukses dijual oleh partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar sebelumnya dengan mendapatkan suara yang relatif tinggi di Pemilu.

“Dengan isu itu, Demokrat dan PKS jadi harapan jadi harapan publik pada keduanya tinggi,” katanya.[MKA]

Sumber :Akurat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here