Home Nasional Tak Korupsi dan Kerja Nyata, Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Jokowi Tinggi

Tak Korupsi dan Kerja Nyata, Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Jokowi Tinggi

125
0
SHARE

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo masih sangat tinggi. Kondisi ini berbalik 180 derajat dibandingkan pada tahun 1998 lalu, dimana masyarakat sudah tak percaya Soeharto ketika krisis.

Penilaian itu sebagaimana yang disampaikan oleh Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Prof. Budyatna. Menurutnya, meski nilai tukar Rupiah terhadap USD melemah, namun kepercayaan publik kepada pemerintah masih sangat tinggi.

Kondisi ini yang membedakan situasi sekarang dengan masa 20 tahun lalu. Saat itu, kepercayaan rakyat kepada Orde Baru anjlok seiring dengan terjadinya krisis ekonomi.

Prof. Budyatna juga menilai bahwa tingginya kepercayaan kepada Jokowi tidak lepas dari kinerja pemerintahan yang memang baik, serta diikuti dengan sikap antikorupsi pada diri dan keluarga Presiden Jokowi. Keluarga dan anak-anak Jokowi tak pernah ikut-ikutan ‘bermain’ proyek negara.

Berbagai prestasi yang ditorehkan Jokowi itu, terutama dalam pembangunan infrastruktur, menjadi bukti bahwa pemerintah memang fokus pada kerja.

Secara sosok pribadi, Jokowi merupakan orang yang jujur dan tidak korupsi. Uang negara benar-benar dipakai untuk membangun. Hasilnya nyata dan tidak mangkrak.

Itulah yang membuat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah masih sangat tinggi dewasa ini.

Tak hanya itu, menurut berbagai indikator ekonomi makro saat ini, kondisi ekonomi Indonesia jauh lebih baik dan kuat bila dibandingkan dengan tahun 1998 lalu. Dinilai dari fundamen ekonomi itu, tentu, kondisi kita sangat jauh berbeda.

Beberapa hal di atas semakin menegaskan bahwa kekhawatiran berlebihan bahwa dengan melemahnya Rupiah saat ini akan membawa ke kondisi krisis ekonomi itu tidak benar.

Dalam kondisi sekarang akan lebih baik bila kita bersatu mendukung pemerintahan Presiden Jokowi dalam menghadapi dinamika ekonomi global. Kita percaya pemerintah tidak akan pernah menjerumuskan kita dalam situasi krisis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here