SHARE

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin puas dengan penampilan sang petahana saat debat keempat Pilpres 2019 melawan Prabowo Subianto, Sabtu (30/3) malam.
Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menyatakan Jokowi menampilkan jati diri sebagai seorang pemimpin yang memahami persoalan bangsa. “Jokowi tidak pernah menyerang meskipun Prabowo sangat emosional sampai penonton tidak boleh tertawa,” kata Hasto.
Dia menilai Prabowo menampilkan gagasan-gagasan masa lalu, tetapi Jokowi tetap tersenyum dan menyampaikan gagasan terbaiknya. “Jadi, skor debat 5-0 untuk Jokowi,” tegas Sekjen PDI Perjuangan itu.
Dia mengatakan Jokowi dalam debat juga menegaskan sangat percaya dengan TNI. Sebaliknya, kata dia, Prabowo justru mengkritik TNI. “Kalau dilihat, apa yang disampaikan Pak Prabowo itu menunjukkan beliau sebenarnya memiliki trauma masa lalu,” katanya.
Menurut dia lagi, seluruh solusi yang dikatakan Prabowo soal anggaran kontradiktif dengan pernyataannya yang selalu menyinggung kebocoran.
Sementara itu, kata Hasto, Jokowi mengambil esensi dari politik. Dalam politik pertahanan, Jokowi melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Karena itu, Jokowi membangun kekuatan pertahanan termasuk industri strategis di bidang alat utama sistem persenjataan.
Jokowi mendorong penguasaan teknologi termasuk siber. “Pak Jokowi langsung melalui gelar pasukan melindungi titik-titik strategis di wilayah terluar NKRI,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here