SHARE

Mantan gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), mengklarifikasi beredarnya videohoaxtentang orasinya di Lapangan Selong, Lombok Timur, pada Selasa, 2 April 2019, yang menyebut Joko Widodo akan kalah pada 2019.
TGB dengan tegas mengatakan video yang beredar itu adalah hoax, karena telah dipotong beberapa bagian dari pernyataannya.

Video hoaxitu berisi pidato TGB yang dipotong seakan-akan TGB menyebut Jokowi kalah pada 2019. “Saya tanya, 2019 (massa teriak ‘menang’), 2019…, 2019…, Bapak Jokowi kalah.”

Melalui keterangan tertulisnya kepada VIVApada Rabu, 3 April 2019, TGB menjelaskan bahwa video itu telah dipotong dan direkayasa sedemikian rupa oleh orang tak bertanggung jawab. Kata “2014” pada video asli telah dihilangkan. TGB kemudian mengirimkan video yang asli tanpa editan.

“Bapak ibu, saya ingin sampaikan di sini. Dulu pada tahun 2014, dengar bapak-bapak dan ibu-ibu, dulu pada tahun 2014 bapak Jokowi kalah, iya. Tetapi walaupun di NTB ini beliau kalah telak (pada 2014), namun beliau sebagai pemimpin tetap memberi perhatian penuh pada Nusa Tenggara Barat,” ujar TGB pada video itu.

Video hoax yang sebelumnya beredar itu dibagikan banyak orang. Bahkan, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, membagikan video itu dalam akun Twitter-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here