SHARE

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan banjir di Jakarta disebabkan kiriman dari daerah lain. Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas menilai Anies bekerja kurang baik dibanding Gubernur sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

“Intinya gubernur nggak becus, nggak ada hujan kok banjir. Jauh sama gubernur sebelumnya ini, zaman Ahok,” kata Hasbiallah kepada wartawan, Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Sampah Menumpuk di Pintu Air Manggarai, Anies: Bukan Sampah Warga DKI

Hasbiallah menyoroti dua hal terkait penanganan banjir di Jakarta. Yang pertama adalah ketiadaan kepala di Dinas Sumber Daya Air.

Ketua DPW PKB DKI Hasbiallah Ilyas (berkemeja hijau)Ketua DPW PKB DKI Hasbiallah Ilyas (kanan, berkemeja hijau) (Foto: Rachman Haryanto)

“Bagaimana mau jalan pemerintah, wong tata air Plt, penyerapan nggak maksimal. Harusnya ditetapkan. Plt itu kan mungkin serius kerjanya,” jelasnya.

Dia juga menyoroti koordinasi dengan pemerintah pusat. Terutama dalam melakukan normalisasi Sungai Ciliwung.

Baca juga: Anies Pastikan Seluruh Gedung Pemprov DKI Sudah Ada Drainase Vertikal

“Kedua adalah problem administrasi. Misalnya normalisasi kali diganti sama gubernur naturalisasi. Ini kan menghambat kinerja.Se-Indonesia juga nggak tahu nanturalisasi. Yang ada normalisasi, diganti kan menghambat lagi,” paparnya.

Sebelumnya, Anies mengakui daerah yang terendam air saat ini adalah daerah langganan banjir. Anies mengatakan genangan tersebut diakibatkan kiriman air dari hulu sungai Ciliwung.

“Di tempat itu tidak ada hujan sebetulnya mereka itu, kita ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya keras,” kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here